Rabu, 27 Juni 2012

CIRI-CIRI ANAK YANG MENGANDALKAN TUHAN

Syalom... ini lanjutan dari artikel CIRI-CIRI ANAK YANG MENGANDALKAN DIRI SENDIRI
Bagaiman anak yang mengandalkan TUHAN?

  • Percaya bahwa selalu TUHAN itu baik. Apakah yang kita alami selalu baik? Belum tentu,kan?Seringkali kita merasa keluarga kita tidak sebaik yang kita bayangkan. Wajah kita tidak secakep yang kita mau. Prestasi kita tidak sebagus teman-teman yang lain.Wah, masih banyak hal yang di luar kemauan kita,bukan? Tapi kita harus percaya bahwa rencana TUHAN selalu baik. Coba kamu ambil kertas dan berikan kepada temanmu. Biarkan dia menulis kebaikan-kebaikanmu. Apa yang kamu baca? Banyak yang tidak kamu duga,bukan? Itu artinya seringkali kita tidak menduga banyak kebaikan TUHAN yang diberikan kepada kita.
  • Bersyukur. Jika kita sudah percaya bahwa TUHAN itu baik, maka sudah semestinya kita bersyukur dan rajin berdoa.
  • Fokus Pada TUHAN. Coba perhatikan gambar ini. Kalian lihat terus salib yang di tengah lingkaran. Harus fokus lho ya? Coba ceritakan, apa yang kamu lihat? Ya benar, saat kamu fokus, maka titik-titik ungunya makin lama makin hilang. Itu artinya,kalau kita fokus pada TUHAN, semua hambatan kita akan menghilang. Banyak PR, Guru galak, banyak tugas, banyak ulangan, semua akan mudah kamu hadapi jika kamu fokus mengandalkan TUHAN.
  • Menggunakan potensi di jalur yang benar. Betul, kita harus mengandalkan TUHAN, dengan cara berdoa, percaya dan bersyukur. Tapi bukan berarti kita hanya berdoa melulu dan bim salabim, semua terwujud. Kalian harus berusaha menggunakan potensimu untuk meraih prestasi dan kehidupan yang baik. Tidak bisa dengan doa melulu tanpa usaha. Segala sesuatu yang dengan ”melulu” tidak baik,lho. Boleh tidak kita main komputer?Boleh! Tapi kalau main komputer melulu? Tidak berguna dong. Kita berdoa boleh? O.... jelas wajib. Tapi kalau berdoa melulu tanpa perbuatan? Tidak benar juga,bukan?
  • Tekun dan Rapi. Lho kok sepertiya tidak nyambung? Orang yang mengandalkan TUHAN adalah orang yang tekun dan rapi menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Bagaiman dengan kamu? Apakah kamarmu rapi? Kamu rajin dan tekun melakukan kewajibanmu? Bagaimana dengan mainan dan meja belajarmu. Siapa yang merapikan?
  • Percaya Penuh dan tetap Melekat pada Tuhan. Kalian suka flying fox? Itu permainan bahaya kan? Tapi kalian tetap menikmati.Apa sebabnya?Karena kalian percaya sudah dilindungi oleh pembuatnya. Lho, siapa yang membuat? Pasti manusia kan? Dengan manusia saja kita bisa percaya. Terlebih lagi dengan TUHAN.

0 komentar: